Luis Enrique Memandu Ronald Koeman untuk Melakukan Ini di Barcelona
September 7, 2020

Luis Enrique Memandu Ronald Koeman untuk Melakukan Ini di Barcelona

By Felicia Baskin

Bola Gila – Luis Enrique sukses meninggalkan jejaknya di dua pertandingan pertamanya, sebagai langkah yang bisa diikuti Ronald Koeman di Barcelona.

Pelatih asal Spanyol itu melakukan perubahan drastis di skuad La Roja, dengan mendatangkan pemain-pemain muda yang punya gaya bermain atraktif. Perubahan Enrique telah membuahkan hasil, di mana skuadnya kini berhasil menempati peringkat teratas grupnya di UEFA Nations League setelah dua pertandingan.

Berikut beberapa poin yang diterapkan Enrique – yang juga mantan pelatih Blaugrana, yang juga bisa diterapkan Koeman di Barca. Olahraga:

Berani Mengambil Risiko dengan Menurunkan Pemain Muda

Ferran Torres, Ansu Fati, Mikel Merino, Óscar Rodríguez, Reguilón dan Eric Garcia adalah di antara enam pemain muda yang melakukan debut untuk tim nasional dalam dua pertandingan UEFA Nations League melawan Jerman dan Ukraina bulan ini. Selanjutnya, Dani Olmo dan Fabián mendapat giliran.

Berita Sepak Bola Terbaru:
Hasil Sepak Bola Malam Terakhir – Skor Akhir Semua Pertandingan Sepak Bola
Hasil UEFA Nations League: Bosnia 1-2 Polandia, Two Heads Headers Save the Away Team
Hasil UEFA Nations League: Dua Triliun Pembela Belanda Gagal Menghentikan Italia, Skor 0-1
Pelaksana Jual Murah Liverpool Terbuka Gagal di Community Shield

Luis Enrique sebenarnya punya opsi memainkan pemain yang lebih berpengalaman di awal laga kedua untuk menghindari berbagai risiko. Namun, dia masih memainkan sejumlah pemain muda, dan semua rencananya berjalan dengan baik.

Kondisi serupa dialami Koeman yang memiliki banyak pemain muda di skuadnya. Ada Ansu Fati, tentu saja, Riqui Puig, yang bersinar bersama tim U-21, dan pemain Barça B lainnya, seperti Monchu atau Ilaix. Selain itu, masih ada dua pemain muda yang tak boleh dilupakan, Trincao dan Pedri.

Tekanan tinggi

Barca sudah melupakan salah satu faktor yang memberi mereka banyak keunggulan sejak era Frank Rijkaard, seperti tampil menekan. Pemulihan di area lawan, menenggelamkan sayap melalui keunggulan dan penguasaan bola yang cepat, menjadi beberapa faktor yang hilang saat raksasa Catalan berada di bawah asuhan Ernesto Valverde dan Quique Setien. Tim harus mundur selangkah dan membuat permainan mereka semakin mencolok.

Baca:  Barcelona gelisah, para pemain didekati klub ini

Enrique sangat memperhatikan ini, dan para pemain memperhatikan upaya pelatih berusia 50 tahun itu. Sementara itu, Koeman dengan kepribadiannya juga bisa melibatkan timnya dalam hal ini yang juga membutuhkan banyak pengorbanan.

Kecepatan Bola

Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Rodri, Dani Olmo atau Fabián menjadi pemain lini tengah andalan Luis Enrique yang berhasil menginterpretasikan dengan baik semua ide perubahan konstan, sekaligus mengubah permainan mereka untuk mencari celah.

Barça juga memiliki banyak gelandang berkualitas yang bisa membuat interpretasi permainan, meski untuk itu mereka membutuhkan pemain terbaik untuk memiliki mobilitas yang konstan.

Pemain yang Terhubung

Jose Luis Gaya, pemain yang menyelamatkan Spanyol saat melawan Jerman, dan Reguilon yang bermain di kiri dalam pertandingan melawan Ukraina telah menarik banyak perhatian.

Sementara, Dani Carvajal dan Jesus Navas tampil kurang bersinar di sisi kanan, meski sudah cukup bersikeras sedang bermain. Selain itu, masuknya pemain sayap seperti Ferran Torres juga memberikan banyak kedalaman bagi skuat Spanyol. Diakui, Pep Guardiola memang sangat jeli memasukkannya ke dalam skuat Manchester City miliknya.

Seperti Luis Enrique, Koeman juga memiliki bek yang bermain dalam, terutama di sayap kiri bersama Jordi Alba dan Junior Firpo, serta spesialis sayap seperti Ousmane Dembélé, yang dapat dimanfaatkan Koeman untuk musim depan.

Sumber: Luis Enrique Memandu Ronald Koeman untuk Melakukan Ini di Barcelona
Berita Sepak Bola
Video Berita Sepak Bola
Video Cerita Bola