Lionel Messi, Mimpi Buruk Betis Nyata
November 7, 2020

Lionel Messi, Mimpi Buruk Betis Nyata

By Felicia Baskin

Bola Gila – Lionel Messi menjadi mimpi buruk bagi Real Betis – tim yang akan bertandang ke markas Barcelona pada Sabtu (7/11) malam ini.

Meskipun Betis menang 4-3 di Camp Nou pada November 2018, itu tidak seberapa dibandingkan dengan rekor yang dibuat Messi melawan mereka. Dari 10 tim yang golnya paling banyak dibobol Messi, tim asal Andalusia itu yang paling buruk.

Pasalnya, Messi bisa mencetak rata-rata 1,04 gol setiap bertemu Betis. Bahkan dalam 22 pertandingan yang dimainkannya melawan Verdiblanco, pemain kelahiran Rosario itu sudah mencetak 23 gol dan hanya gagal dua kali – satu di laga Copa del Dey sedangkan satu lagi di ajang La Liga.

Diungkapkan Olahraga, Messi masing-masing berhasil mencetak dua gol ke gawang Betis tujuh kali. Tim tersebut memang menjadi tim yang paling banyak ia lawan, selain klub Andalusia lainnya, Sevilla, di mana Messi mencetak dua hat-trick dan mencetak satu gol dalam tiga pertandingan.

Berita Sepak Bola Terbaru:
Pioli tak khawatir dengan kritik pedas yang mulai menyerang para pemain Milan
Energi menjadi alasan Solskjaer memilih Fred, McTominay sebagai starter di Everton
Rapor Man Utd Menang 3-1 di Everton: Tampil Menonjol Setiap Saat Solskjaer Tertekan
MU Menang! Naik tipis di posisi 13, Everton tertahan di peringkat 5 klasemen

Lionel Messi kemudian berhenti mencetak gol dalam 10 pertandingan, yang terakhir terjadi saat Barca bertandang ke Betis dan menang 2-3 pada pekan ke-23 musim lalu, yang digelar pada 9 Februari 2020.

Pemain nomor 10 Azulgrana itu melakukan debutnya melawan Betis pada 18 Februari 2006 di Camp Nou. Saat itu, skuad Frank Rijkaard membantai Betis 5-1 Llorenc Serra Ferrer, dan pertandingan itu ditandai dengan dua gol bunuh diri Betis. Melli hanya dalam lima menit. Bek tengah Betis mencetak gol bunuh diri ke gawangnya sendiri, masing-masing pada 29 dan 33 menit.

Adapun Messi yang saat itu hanya bermain di menit ke 76 menggantikan Larsson, dan mencetak gol terakhir di menit ke-85 setelah mendapat umpan dari Samuel Eto 'o. Dia mencetak gol dengan tembakan pertama kali, yang berhasil dihentikan kiper pada awalnya, tetapi bola memantul kemudian jatuh kembali ke kakinya. Messi langsung menyambar bola dan mencetak gol ke-5 Barca kala itu.

Baca:  Lionel Messi Membatalkan Niatnya, 90 Persen Tetap di Barcelona

Sedangkan dua gol Barca lainnya pada pertandingan tersebut dicetak oleh Larsson pada menit ke-17 dan Ronaldinho pada menit ke-59, di hadapan 81.294 penonton yang memenuhi Camp Nou.

Rekor terbaik melawan rival Barcelona di liga, terjadi antara Desember 2012 dan Agustus 2016, ketika kedua tim bertemu dalam tujuh pertandingan, semuanya di La Liga.

Dalam rangkaian pertemuan beruntun itu, Barca menyapu bersih tujuh kemenangan dan sembilan gol – tujuh di Camp Nou dan dua di Villamarin. Dari 23 gol yang dicetak Messi ke gawang Betis, ia mengantongi 15 gol di Barca, dan delapan gol tersisa dicetak di markas Betis.

Yang terakhir, hattrick, terjadi pada 17 Maret 2019 yang mengantarkan Barcelona menang 4-1. Tiga gol Messi, ditambah satu dari Luis Suarez, sukses menaklukkan Betis di kandang sendiri.

Lima kiper Real Betis yang direndahkan Lionel Messi selama ini adalah: Adan (kebobolan tujuh gol Messi), Adrian (empat gol), Casto (enam gol), Doblas (satu gol) dan Pau Lopez yang kebobolan Messi & Lima gol. Dalam laga di Camp Nou, Sabtu (7/11) malam ini, Messi bisa menambahkan nama mantan rekan setimnya, Claudio Bravo.

Di Camp Nou, Messi telah memainkan 363 pertandingan dan mencetak 376 gol, terakhir kali ia sukses mengeksekusi penalti di laga Liga Champions melawan Dinamo Kiev tengah pekan ini.

Di liga, ia bermain dalam 247 pertandingan di kandang, dengan 207 kemenangan, 26 seri, dan 14 kekalahan. Dalam rangkaian pertandingan tersebut, Messi mencetak 260 gol atau rata-rata 1,05 gol per pertandingan.

Namun, musim ini Lionel Messi hanya mencetak satu gol dari enam pertandingan yang dimainkannya di kompetisi domestik, tepatnya di laga pertama melawan Villarreal yang ditutup dengan kemenangan telak, 4-0. Dia juga membukukan gol dari titik penalti.

Sementara itu, ketika bertemu Betis, dari posisi bola mati, Messi telah mencetak lima gol – tiga dari titik penalti dan dua dari pelanggaran – statistik yang hanya dilampaui oleh rekor melawan Espanyol, Athletic, Real Madrid, Valencia, dan Sevilla.

Sumber: Lionel Messi, Real Betis Nightmare
Berita Sepak Bola
Video Berita Sepak Bola
Video Cerita Bola